Kurikulum MTs Muhammadiyah 4 Tawangharjo merupakan perpaduan antara kurikulum dari Kementerian Pendidikan dan Kementerian Agama. Dimana untuk mapel umum mengacu pada kurikulum Kementerian Pendidikan, sedangkan untuk mapel PAI dan Bahasa Arab mengacu pada kurikulum Kementerian Agama.
Pada tahun pelajaran 2022/2023 ini, MTs Muhammadiyah 4 Tawangharjo menerapkan 2 macam kurikulum. Untuk kelas kelas 8 dan 9 masih menggunakan kurikulum 2013, sedangkan untuk kelas 7 menggunakan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka akan diterapkan secara bertahap, tahun pertama hanya kelas 7, tahun kedua kelas 7 dan 8, baru tahun ketiga kelas 7, 8 dan 9 semuanya menggunakan kurikulum yang sama yaitu kurikulum merdeka.
Dasar pelaksanaan Kurikulum 2013 adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 36 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsnawiyah, sedangkan penerapan kurikulum untuk mapel PAI didasarkan atas Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Pada Madrasah.
Dasar pelaksanaan Kurikulum Merdeka adalah Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomer 262/M/2022 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomer 56/M/ 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran, sedangkan penerapan kurikulum untuk mapel PAI didasarkan atas Keputusan Menteri Agama Nomor 347 Tahun 2022 tentang Pedoman IKM pada Madrasah.
Struktur Kurikulum 2013
Komponen | Kelas dan Alokasi Waktu | Kelas dan Alokasi Waktu |
VIII | IX | |
Kelompok A | ||
1. Pendidikan Agama Islam | ||
a. Qur’an-Hadis | 2 | 2 |
b. Akidah dan Akhlak | 2 | 2 |
c. Fikih | 2 | 2 |
d. SKI | 2 | 2 |
2. Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 |
3. Bahasa Indonesia | 6 | 6 |
4. Bahasa Arab | 3 | 3 |
5. Matematika | 5 | 5 |
6. IlmuPengetahuanAlam | 5 | 5 |
7. IlmuPengetahuanSosial | 4 | 4 |
8. Bahasa Inggris | 4 | 4 |
Kelompok B | 2 | 2 |
1. Prakarya | 2 | 2 |
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 3 | 3 |
3. Seni Budaya | 2 | 2 |
Muatan Lokal | ||
1. Bahasa Jawa | 1 | 1 |
2. Kemuhammadiyahan | 1 | 1 |
C. Pengembangan Diri | 2*) | 2*) |
J u m l a h | 46 | 46 |
Keterangan:
- Matapelajaran Kelompok A merupakan kelompok mata pelajaran yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat.
- Matapelajaran Kelompok B merupakan kelompok mata pelajaran yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat dan dapat dilengkapi dengan muatan/konten lokal.
- Untuk Mata Pelajaran Prakarya dan/atau Mata Pelajaran Informatika, Madrasah memilih mata pelajaran Informatika sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa.
- Mata pelajaran Seni Budaya teritegrasi dengan muatan lokal bahasa Jawa dan tambahan mata pelajaran muatan lokal Aswaja sesuai dengan kesepakatan stake holder madrasah
- Satu jam pelajaran beban belajar tatapmuka adalah 40( empat puluh) menit.
Struktur Kurikulum Merdeka
ALOKASI WAKTU | KEGIATANREGULER/MINGGU | PROJECT 20% | TOTAL JP PERTAHUN |
Pendidikan Agama Islam : | |||
a. Qur’an Hadits | 72 (2) | 36 (33%) | 88 |
b. AkidahAkhlak | 72 (2) | 36 (33%) | 88 |
c. Fikih | 72 (2) | 36 (33%) | 88 |
d. Sejarah Kebudayaan Islam | 72 (2) | 36 (33%) | 88 |
PPKn | 72(2) | 36(33%) | 88 |
BahasaIndonesia | 180(5) | 46(21%) | 220 |
Bahasa Arab | 108 (3) | 36 (25%) | 132 |
Matematika | 144(4) | 36(20%) | 176 |
IPA | 144(4) | 36(20%) | 176 |
IPS | 108(3) | 36(25%) | 132 |
BahasaInggris | 108(3) | 36(25%) | 132 |
Seni Budaya | 72 (2) | 36 (33%) | 88 |
PJOK | 72(2) | 36(33%) | 88 |
Informatika | 72(2) | 36(33%) | 88 |
Muatan Lokal: | |||
Bahasa Jawa | 72 (2) | 36(33%) | 88 |
Pendidikan Kemuhammadiyahan | 72(2) | 36(33%) | 88 |
JUMLAH | 42 (1512) | 586 (465%) | 1848 |